15 Obat Ketombe Yang Ampuh

39 views

Rambut merupakan mahkota yang penting untuk penampilan anda, selain sebagai alat pelindung kepala dari panasnya matahari. Oleh karena itu kita wajib untuk menjaga kesehatanya. Jangan samapai anda mengalami yang namanya Ketombean atau lebih parahnya anda memiliki rambut yang rontok (Baca Tips Megatasi Rambut Rontok).

Obat Ketombe

Karena masalah rambut rontok sudah kita bahas, maka di postingan ini kita akan mengulas poin kedua terkai masalah yang sering terjadi pada rambut yaitu KETOMBE.

Apa Itu Ketombe ?

Dilansir dari halaman WIKIPEDIA menjelaskan bahwa ketombe adalah keadaan kulit yang mengelupas di bagian kepala. kondisi ini terjadi karena kulit kepala yang sudah mati dan berganti dengan kulit kepala yang baru.

Jumlah ketombe yang di miliki orang berbeda-besa, ada yang jumlahnya sedikit tapi terus menerus, ada juga yang mengalaminya hany sekali dalam satu minggu namun dalam jumlah yang besar.

Selai faktor alamai yang membuat munculnya ketombe, faktor lain adalah adanya seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Bila mengalami ketombe, menggaruk kepala secara berlebihan harus dihindari. Menggaruk bagian tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama sekali dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus.

Walaupun infeksi bakteri ini merupakan risiko terbesar dari ketombe, kebanyakan orang akan menemukan bahwa ketombe dapat menyebabkan isu sosial hilangnya kepercayaan diri bagi penderitanya. Oleh karenanya, pengobatan segera menjadi sangat penting untuk murni alasan sosial.

Bagaimana Cara Mengobati Ketombe ?

Secara umum ketombe bida di atasi dengan mudah dengan menggunaka  shampo anti ketombe, namun tidak semua orang bisa cocok dengan satu shampo saja, jadi anda haru mencoba beberapa jenis shampo agar anda menemukan shampo yang cocok dengan kulit rambut anda.

Adapun cara lain yang mudah dan alami untuk mengobati rambut rontok adalah dengan bahan-bahan alami. Karena ini menggunakan bahan alami, pastinya aman untuk kesehatan rambut dan kulit kepala anda. Berikut adalah 15 Obat Ketombe Alami.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat mudah kita beli pada minimarket terdekat. Cara pengggunaanya juga sangat mudah. oleskan minyak zaitun pada rambut, usahakan untuk mengenai kulit kepala. Karena memang dibagian inilah yang bermasalah. Jangan lupa berikan pijatan lembut agar mudah meresap. DIamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih seperti biasnya. Untuk lebih mudahnya lakukan 30 menit sebelum mandi.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki karakteristik bersifat dingin yang dapat menyegarkan kulit kepala. Haluskan daging lidah buaya secukupnya, kemudian ratakan pada permukaan kulit kepala. Pijat untuk memudahkan lidah buaya sampai pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Jeruk Nipis dan Santan

Campurkan kedua bahan ini sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Selanjutnya oleskan pada rambut dan pastikan menyentuh kulit kepala. Bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 20 menit.

4. Cuka

Cuka biasanya digunakan untuk makanan. Tahukah anda bahwa cuka ternayta cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala kita. Cuka merupakan zat yang bersifat abrasif, dengan penggunaan cuka kita akan mudah untuk menghilangkan kulit mati yang terkelupas. Anda harus berhati-hati saat menggunakan cuka putih. Jangan terlalu banyak dalam penggunaannya.

5. Baking Soda

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan baking soda yang biasanya kita gunakan untuk membuat roti. Namun yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak dan terlalu sering menggunakan baking soda. Cara penggunaanya juga sangat mudah, tinggal campurkan baking soda dengan air hangat. Kemudian aplikasikan pada kulit kepala.

6. Lemon

Buah yang sudah tidak asing lagi, ciri khas buah ini memiliki warna kuning cerah. Cara menghilangkan ketombe dengan lemon ini juga sangat mudah. Peras lemon kemudian gunakan untuk membasuh kepala. Pastikan perasan lemon mengenai kulit kepala.

7. Daun Pandan

Daun pandan biasanya digunakan untuk pewarna hijau alami atau untuk menyedapkan makanan. Namun kali ini kita akan menggunakan daun panda untuk mengatasi ketombe secara alami. Haluskan daun panda, jika perlu kita bisa tumbuk hingga halus. Jangan menggunakan blender, cukup dengan ditumbuk. kemudian tambahkan sedikit air hangat dan bilas kepala dengan perasan daun pandan ini.

8. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu bahan makanan yang biasa dimanfaatkan untuk memasak. Namun ternyata kangkung juga bisa dimanfaatkan untuk membuat obat ketombe. Rebus daun kangkung dengan 2 gelas air, gunakan air rebusan ini untuk mencuci rambut dan kepala.

9. Bawang Merah

Dahulu orang jawa selalu memberikan bawang merah yang ditumbuk kemudian diletakkan pada kepala bayi untuk menghangatkan bayi. Ternyata hal ini bisa kita tiru untuk menghilangkan ketombe membandel secara cepat. Haluskan bawang merah, atau cukup belah bawang merah menjadi dua. Kemudian oleskan pada kulit kepala. MInta bantuan teman atau keluarga mu jika kamu merasa kesulitan.

10. Daun Neem

Cara penggunaanya ialah dengan merebus 2 lembar daun neem dengan satu gelas air. Gunakan air hasil perasan untuk mencuci permukaan kulit kepala kita.

11. Tea Tree Oil

Tea tree oil bersifat anti fungi. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Cukup masukkan satu sendok makan tea tree oil dan dicampur dengan satu secangkir air hangat. Kemudian semprotkan pada area kepala.

12. Garam

Langkahnya sangat mudah, cukup basahi terlebih dahulu kepala kita dengan air bersih. Kemudian taburkan sedikit garam dan gosokkan pada kulit kepala. garam bersungsi sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Kemudian bilas dan shampoan hingga bersih.

13. Minyak Almond

Cara penggunaan minyak almond ini sama dengan minyak zaitun. Cukup oleskan secara merata minyak almond pada kulit kepala kita.

14. Penuhi Asupan Nutrisi

Salah satu penyebab munculnya ketombe ialah karena kurangnya nutrisi rambut kita. Maka dari itu penuhi kebutuhan nutrisi baik melalui makanan atau gunakan produk kesehatan rambut.

15. Gunakan Pelembab Rambut

Ketombe disebabakan oleh kulit kepala yang kering dan akhirnya mengelupas. Maka dari itu salah satu cara cepat untuk menghilangkan ketombe ialah dengan mencegah penyebabnya. Jika kulit kepala kita lembab dan sehat maka ketombe tidak akan muncul.

Terima kasih sudah membaca 15 Obat Ketombe Yang Ampuh semoga masalah ketombe yang anda alami bisa teratasi dengan  15 bahan alami di atas. selamat mencoba 🙂

Leave a reply "15 Obat Ketombe Yang Ampuh"

Author: 
    author