25 Cara Cepat Mengobati Batuk

38 views

Cara-mengobati.net   Cara Cepat Mengobati Batuk – Sudah di pastikan semua orang pernah merasakan batuk atau flu biasanya batuk ini disertai pilek dan juga kepala pusing.

Cara Cepat Mengobati Batuk

Apa itu Btuk ?

Dalam ilmu kedokteran batuk dibagi menjadi dua bagian yaitu batuk bukan penyakit dan batuk jenis penyakit.

Batuk bukan penyakit

Batuk yang dialami setiap orang belum tentu dikategorikan sebagai panyakit karena batuk itu sendiri adalah jenis respon dari sistem kekebalan tubuh yang dikrimkan lewat syaraf menuju otak supaya merespon agar mengeluarkan lendir, asap, debu atau jenis benda yang dapat menggangu tenggorokan.

Batuk karena sakit

dikutip dari beberapa sumber informasi kesehatan batuk yang di kategorikan dalam bentuk batuk penyakit adalah batuk yang disebabkan oleh serangan virus dan juga bakteri. Hal ini disebabkan oleh infeksi pada bagaian sistem pernafasan baik itu dalam tenggorokan atau dalam paru-paru. adapun faktor-faktor lain yang membaut anda batuk seperti :

  1. Penyakit kambuhan, seperti asma, PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), dan atau bronkitis kronis.
  2. Rinitis alergi semacam intoleransi saluran pernapasan terhadap serbuk sari (hay fever).
  3. Penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux yang didefinisikan sebagai penyakit yang terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan akibat lemahnya katup. Gangguan penyakit lambung dan kerongkongan ini digejalai oleh batuk dan nyeri pada dada. GERD bisa berujung batuk kronis.
  4. Polusi udara udara juga memiliki peranan menyebabkan batuk terus-menerus akibat polutan dan iritan di udara yang terhirup oleh hidung sehingga masuk ke saluran pernapasan.
  5. Spora jamur yang berada di alam dan sekitar rumah juga dapat menyebabkan batuk dan mengi (sesak napas atau bengek) ketika dihirup.
  6. ACE inhibitor, yaitu jenis obat yang dipakai untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengobati gagal jantung. ACE inhibitor yang ditelan oleh pasien kerap mendapati batuk kering. Batuk yang dialami berlangsung selama beberapa minggu setelah mereka berhenti minum obat tersebut.
  7. Pertusis atau batuk rejan yang mana penyakit yang gejalanya berupa demam, flu, dan terutama batuk yang membuat seseorang sulit bernapas. Batuk rejam bisa berlangsung selama berminggu-minggu.

Jika anda sudah tau tentang permasalahan yang menyebabakan anda bisa batuk maka cobalah 25 cara mengobati batuk berdahak dan juga kering berikut ini supaya batuk anda bisa cepat disembuhkan.

1.  Menggunakan Jahe

Sudah baukan rahasia lagi jahe adalah bahan alami yang dapat membantu anda auntuk mengatasi batuk. Jahe megandung antihistamin dan zat decongestant yang digunakan oleh para ahli untuk menyembuhkan gejala demam dan flu.

Tidak perlu ragu, anda bisa segera membuat minuman jahe hangat dengan menyiapkan 12 iris jahe lalu dimasukkan dalam tiga gelas air panas selama lima belas menit. Jika warna air dan aromanya sudah tercampur merata, angkat lalu saring, kemudian anda tambah perasan jeruk lemon dan 1 sendok madu. Minum selagi masih hangat.

2. Mengatasi Batuk Dengan Daun Sirih

Walaupun daun sirih memiliki rasa yang pahit namun daun sirih memiliki kemempuan antiseptik yang sangat bagus untuk mengobati beberapa macam penyakit termasuk untuk mengobati batuk. cara menggunakannya sangat mudah, anda bisa mengunyahnya secara langsung setelah anda mencuci dengan air bersih.

Cara lain adalah dengan merebusnya sampai air mendidih, kemudian anda minum air rebusan daun sirih tersebut, agar lebih maksimala anda bisa menambahkan jahe kedalam rebusan daun sirih tersebut.

3. Mengatasi Batuk dengan Jeruknipis ditambah Kecap

Pernah tidak ibu atau nenek anda menyarankan untuk minum beberapa sesendok jeruk nipis bercampur kecap di saat batuk berdahak menyerang? Walau belum ada penelitian lebih lanjut tentang hal tersebut, rupanya banyak orang yang mengaku jika batuknya berkurang hingga benar-benar sembuh setelah minum  beberapa sendok jeruk nipis da dicampur kecap.  Cara membuatnya sebagai berikut:

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis, kecap dan juga sendok.
  • Kupas jeruk nipis, ambil beberapa iris lalu peras jeruk nipis pada sendok, anda tuangkan kecap beberapa tetes, jangan terlalu banyak.
  • Aduk menggunakan sendok the sampai larutan tersebut benar-benar tercampur.
  • Terus konsumsi sebanyak du aatau tiga kali sampai batuk berdahak benar-benar berkurang.

4. Mengatasi Batuk Dengan Kencur

Saya yakin anda kenal dengan tanaman kencur atau pasti pernah mengkonsumsinya. Cara menggunakannya juga gampang. Kupas kulit kencur kemdian cuci dengan air matang, kemudian kunyah kencur sampai halus, anda bisa menannya atau hanya menghisap airnya saja.

cara lain anda bisa merebusnya kemudian minum air rebusan kencur dua kali dalam satu hari agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

5. Kacang Almond

Belum banyak yang tahu kalau ternyata biji atau kacang almond dapat mengatasi batuk. Langsung saja dicermati cara menghilangkan batuk secara alami dengan kacang almond.

  • Sediakan 8 butir kacang almond. Rendam di dalam air selama 12 jam (bisa malam hari sembari ditinggal tidur).
  • Tumbuk kacang almond hingga menjadi pasta lembut. Tambahkan sesendok teh mentega.
  • Buat jadwal tiga hingga empat kali konsumsi perhari. Makan pasta hingga batuk hilang.

6. Buah Anggur

Anggur merupakan buah untuk menyembuhkan batuk berdahak. Sifat ekspektoran pada anggur mampu mengeluarkan lendir yang tersimpan dalam saluran pernapasan. Untuk mengurangi rasa jenuh, Anda bisa mengonsumsi anggur dalam bentuk cair, dijus misalnya.

7. Jus Wortel

Beta-karoten yang terkandung di dalam wortel dikonversi menjadi vitamin A yang dapat meningkatkan daya tangkap mata, melindungi kulit dari terpaan sang mentari, dan berbagai penyakit kulit. Selain itu, wortel juga mengandung antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas.

Karena diperkaya vitamin dan nutrisi penting, wortel bisa juga mengobati batuk yang sedang menimpa Anda. Berikut ini langkah pengobatannya.

  • Bersihkan 4 wortel, kemudian masukkan dalam gelas blender, jangan lupa tuang air seperlunya.
  • Tambahkan beberapa sendok teh madu untuk memberikan rasa manis.
  • Blender hingga menjadi jus nikmat yang siap konsumsi.
  • Minumlah sehari tiga hingga empat kali sampai batuk mereda.

8. Mengatasi batuk Dengan Madu

Dalam islam telah dijelaskan bahwa madu adalah salah satu minuman yang ada dalam surga, selain susu. jadi dalam kehidupan didunia ini madu juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia, salah satunya adalah dapat mengobati batuk. Anda bisa langsung meminum madu dan rasakan kasiat terbaiknya.

9. Daun Mint yang Dijadikan Teh

Negeri Hitler mempercayai daun mint sebagai solusi untuk menyembuhkan batuk, infeksi saluran pernapasan bagian atas, dan bronkitis. Dedaunan ini dijadikan bahan baku langsung yang dikonsumsi dengan menjadikannya teh untuk mengurangi inflamasi dan merileksasikan otot trakea dan ilea.

Jika Anda memiliki tanaman ini di sekitar rumah, tidak ada salahnya mencoba cara mengobatib atuk dengan daun mint. Berikut langkah-langkahnya.
Petik daun teh mint secukupnya, kemudian seduh dengan air mendidih selama 10 menit, saring.
Untuk memberi rasa dan manfaat tambahan, tuangkan madu dan lemon secukupnya.
Minum rutin hingga batuk sembuh.

10. Merica Hitam dan Madu

Lagi-lagi madu yang dikolaborasikan. Namun, kali ini dengan rempah masak yang sepertinya jarang dikonsumsi orang untuk mengobati batuk (mungkin belum mengtahuinya). Untuk itu, Anda bisa langsung mencoba khasiat merica hitam selain menstimulasi sirkulasi lendir, yakni menyembuhkan batuk.

Cara pengobatannya:

  • Ambil sesendok merica halus (bisa beli langsung atau tumbuk sendiri), kemudian campurkan dengan 2 sendok madu dalam gelas ukuran normal.
  • Tuangkan air mendidih, ambil penutup gelas dan biarkan 10 menit.
  • Terakhir, minum langsung dan rasakan kehangatannya.

11. Mengatasi Batuk Dengan Lemon

Lemon berbeda dengan jeruk nipis, tapi keduanya memiliki khasiat menyembuhkan batuk. Anda bisa mencoba ramuan herbal yang cukup unik cara pengonsumsiannya ini. Berikut caranya.
Ambil satu buah lemon, belah menjadi dua bagian atau iris sesuka Anda.
Pada bagian daging, taburi merica bubuk dan garam.

Cara mengonsumsinya yaitu dengan menghisap lemon hingga semua irisan berkurang cairannya.
Mungkin terkesan memaksakan, tapi memang seperti itu adanya. Atau, Anda bisa mencoba cara mengonsumsi lemon untuk mengobati batuk lain. Yakni dengan menjadikannya jus lemon hangat, untuk pemanis gunakan madu saja jangan gula.
Itu tadi 25 Cara Cepat Mengobati Batuk secara alami, semogab bisa mengatasi batuk yang sedang anda alami. selam sehat luar biasa.

cara mengobati batuk kering dan gatal cara menghilangkan batuk kering cara mengobati batuk berdahak dan pilek agar batuk cepat sembuh cara menghilangkan batuk gatal di tenggorokan cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal cara mengobati batuk pilek cara mengobati batuk pada anak

Tags: #batuk