Cara Mengobati/Menghilangkan Batu Kandung Kemih

31 views

Obat Tradisional Batu Saluran Kemih Menjadi poin yang paling dicari guna mendapatkan manfaat dari tanaman obat kandung kemih. Mengobati Batu kadung kemih memang bisa dilakukan dengan cara tradisional. berikut adalah ulasan lengkap Batu kandung Kemih.

Top : Cara Mengobati/Mengatasi Angin Duduk (Angina)

Apa Itu Batu Kandung Kemih ?

Cara Mengobati/Menghilangkan Batu Kandung Kemih

Cara Mengobati/Menghilangkan Batu Kandung Kemih

Batu Kandug Kemih adalah sebuah gangguan sistem pembuangan tubuh, Terdapat edapan mineral dalam jumlah yang banyak pada kandung kemih.

Semua orang memiliki resiko gangguan ini, namu  resiko Batu Kandug Kemih ini lebih besar pada lelaki yang berusia 52 tahun ke atas. Ukuran dari batu kandung kemih sangat bervariasi dari satu orang dengan orang yang lain.

Karena saluran urin terhambat oleh mineral maka penderita kandung kemih akan merasakan nyeri saat buang air kecil, Kondisi paling parah adalah  samapai tidak bisa buang air kecil.

Jika kondisi batu kandung kemih sudah besar maka penderita memerlukan bantuan dokter untuk mengeluarkannya, namun jika masih dalam ukuran kecil maka penderita bisa mengeluarkannya bersamaan buang air kecil.

Resiko

Jika tidak mendapatkan penanganan yang benar, penderita batu kandung kemih dapat mengalami beberapa komplikasi seperti:

  • Disfungsi kandung kemih kronis. Batu kandung kemih yang tidak ditangani dapat menimbulkan rasa nyeri, buang air kecil terlalu sering, atau bahkan menyumbat saluran urine.
  • Infeksi saluran kemih. Batu kandung kemih dapat menyebabkan munculnya infeksi bakteri di saluran kemih penderita.

Ada pula beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang berisiko terkena batu kandung kemih, yaitu:

  • Gangguan persarafan (neurogenic bladder). Diabetes, cedera tulang belakang, stroke adalah beberapa kondisi medis yang dapat merusak saraf yang mengontrol kandung kemih. Kerusakan saraf ini dapat menyebabkan pengendapan urine dan memicu terbentuknya batu kandung kemih.
  • Terhalangnya saluran keluar kemih. Kondisi apa pun yang menghalangi aliran urine ke uretra sehingga terjadi pengendapan urine, bisa menyebabkan terbentuknya batu dalam kandung kemih.

Gejala Batu Kandung Kemih

Gejala ini dapat dirasakan saat kondisi endapan mineral sudah mulai banyak dan menganggu sistem permbuang urin anda. adapun cici-cici jika seseorang mengalami batu kandung kemih adalah sebagai berikut :

  • Adanya Rasa nyeri saat buang air kecil.
  • Adanya Darah dalam urine.
  • Urine terlihat lebih pekat dan gelap.
  • Kesulitan buang air kecil.
  • Merasa ingin selalu buang air.
  • Buang air kecil tidak lancar atau tersendat-sendat
  • Perut bagian bawah terasa nyeri.
  • Penis terasa tidak nyaman atau sakit.

Jika anda mengalami gangguan-gangguan di atas sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter.

Penyebab Batu Kandung Kemih

Kodisi tubuh yang tidak dapat membung urine dari dalam kandung kemih menjadi penyebab untam seseorang terkena batu kandung kemih karena menumpuknya mineral dalam kandung kemih. Mineral yang menumpuk akan mengeras dan membentuk kristal sehingga menyumbat sistem pembuangan urine. Berikut adalah penyebab terjadinya batu kandung kemih secara umum :

  • Peradangan. Peradangan pada kandung kemih bisa disebabkan oleh infeksi kandung kemih atau terapi radiasi di area panggul.
  • Pembesaran prostat. Kelenjar prostat pada kebanyakan pria berusia di atas 50 tahun akan membesar dan menekan saluran kemih, serta menghalangi aliran normal urine dari kandung kemih.
  • Sistokel. Ini terjadi apabila jaringan penyokong antara kandung kemih dan vagina melemah, sehingga sebagian kandung kemih turun dan menonjol ke arah vagina. Kondisi ini akan menjebak aliran urine, sehingga urine mengendap dan membentuk batu kandung kemih.
  • Alat-alat medis. Peralatan medis, seperti misalnya kateter, bisa menjadi penyebab terbentuknya batu kandung kemih. Mineral dalam urine sering mengkristal di permukaan alat-alat medis tersebut.
  • Diet. Risiko terbentuknya batu kandung kemih akan lebih tinggi ketika diet tinggi lemak, gula, atau garam dilakukan dan asupan vitamin A dan B rendah. Kurang minum air juga bisa meningkatkan risiko terbentuknya batu kandung kemih.
  • Rusaknya saraf kandung kemih. Ketika saraf pengontrol kandung kemih rusak, maka urine bisa tidak sepenuhnya dibuang keluar tubuh. Kondisi rusaknya saraf inilah yang biasa disebut dengan neurogenic bladder. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh cedera serius pada tulang belakang atau penyakit saraf, seperti spina bifida.
  • Batu ginjal. Karena proses pembentukannya yang berbeda, batu ginjal tidak sama dengan batu kandung kemih. Tapi, biasanya batu ginjal yang berukuran kecil bisa masuk ke dalam kandung kemih dan menjadi batu kandung kemih.
  • Divertikel kandung kemih, yaitu terbentuknya kantong pada dinding kandung kemih. Kondisi ini bisa sudah ada sejak lahir, dan bisa juga terbentuk akibat infeksi kandung kemih atau pembesaran prostat. Divertikel dapat menyebabkan gangguan pengosongan kandung kemih, sehingga berisiko terkena batu kandung kemih akibat endapan urine.
  • Operasi pembesaran kandung kemih. Pasien yang menjalani operasi pembesaran kandung kemih memiliki risiko mengalami batu kandung kemih.

Cara Mengobati Batu Kandung Kemih

Batu kandung kemih dapat di obat secara tradisional atau bahkan melalu pembedahan medis, namun jika anda bisa menggunakan pengobatan secara alami tentunya anda harus mencobanya.

Menggunakan Tanaman Kumis Kucing

Manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan saluran kemih yang cukup terkenal yakni mengobati penyakit yang ada di area saluran kemih. Mulai dari penyakit kencing batu, infeksi saluran kemih, sampai batu ginjal juga bisa disembuhkan memakai tanaman ini. Contohnya ialah untuk mengobati infeksi saluran kemih, Anda bisa merebus 10 helai daun kumis kucing yang sudah dicuci bersih lalu air rebusan tadi diminum dengan takaran 2 kali sehari setengah gelas.

Selain infeksi saluran kemih, tanaman kumis kucing juga bermanfaat dalam mengobati kencing batu dan juga melancarkan saluran kencing. Caranya ialah dengan merebus 90mg daun kumis kucing yang sudah dibersihkan dengan 1 liter air. Biarkanlah sampai mendidih dan air rebusan hanya tersisa kira­kira 75% dari semula (kira­kira tersisa 750ml). Lalu dinginkan dan minum dengan dosis 250ml, 3 kali sehar

Penutup

Agar anda terhindar dari batu kandung kemih maka usahakan untuk duduk saat buang ari kecil, sering berolah raga dan penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum air putih secukupnya.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mengobati/Menghilangkan Batu Kandung Kemih semoga anda lekas sembuh

Sumber

 

Artikel Lain:

Leave a reply "Cara Mengobati/Menghilangkan Batu Kandung Kemih"

Author: 
    author
    No related post!