Tips Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat

28 views

cara-mengobati.net – Tips Cara Ampuh Mengobati Jerawat dalam kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang cara mengobati rambut yang rontok dengan bahan alami hanya dalam hitungan dua hari saja. jika anda tertarik silahkan buka link di atas.

Selain rambut rontok sebagi masalah semua orang ternyata JERAWAT juga menjadi salah satu masalah yang pasti semua oarang mengalaminya sehingga banyak sekali Blog kecantikan yang menjelaskan cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari memang artikelnya disusun dengan rapi namun ternyata belum tentu bisa menjadi solusi untuk semua orang, karena adanya banyak faktor yang terjadi kenapa orang itu bisa terkena jerawat.

cara menghilangkan jerawat

Ada juga yang membut sebuah tulisan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. mungkin cara tersebut juga bisa anda coba, nanti akan kami bahas lebih dalam pada postingan selanjutnya

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah pada umumnya faktor terkena jerawat adalah banyaknya minyak yang ada pada kulit sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori dan terjadilah jerawat.

Adapun Faktor-Faktor penyebab jerawat adalah sebagi berikut :

1. Faktor Produksi Minyak Kulit yang berlebih

Kenapa anda bisa terkena jerawat ? salah satu jawabanya adalah karena produksi minyak yang berlebih pada kulit anda, Minyak ini sebenarnya memiliki manfaat yang bagus yaitu menjaga kelembapan kulit, namun seperti yang kita ketahui hal yang berlebih itu tidak baik.

Karena jumlah yang banyak membuat pori-pori kulit wajah anda tertutup, hal inilah yang membuat anda bisa terkena jerawat.

2. Faktor Bakteri Membuat Kulit Berjerawat

Faktor kedua kenapa anda bisa terkena jerawat adalah bakteri yang ada pada kulit anda.Bakteri yang disebut p. acne biasanya ada pada kulit dan cenderung untuk terus berkembang biak dalam kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan iritasi didaerah sekitarnya.

Kelenjar tersebut dapat pecah ketika proses pembengkakan membesar yang mengakibatkan peradangan pada kulit disekitarnya dan menimbukan rasa sakit pada wajah. Inilah salah satu sebab timbulnya jerawat batu yaitu jenis jerawat yang membesar dan terasa sakit dan ketika sembuh bisa mengakibatkan lubang-lubang seperti bekas luka cacar.

3. Karena Sel kulit mati yang menumpuk di wajah

Mereka yang jarang membersihkan wajah maka sel kulit mati akan semain menumpuk dari hari ke hari, kemudian sel kulit mati ini akan menyumbat pori-pori kulit dan minyak menjadi mengendap di tempat tersebut.

Dalam kondisi yang bahaya jika bercampur denga bakteri, hal ini akan membuat kulit terkena iritasi, jika demikian akan membuat bintik hitam pada kulit wajah pada umumnya, walaupun jerawat bisa terjadi pada bagian tubuh  yang lainnya. Kerena para ahli kesehatan membuat tips atau cara mengatasi jerawat secara lami.

Kita tahu bahwa jerawat ada yang mudah di hilangkan ada juga yang susah di hilangkan atau sering juga disebut sebagai JERAWAT MEMBANDEL kenapa jerawat itu susah untuk di hilangkan ?

Berikut adalah  faktor yang membuat jerawat menjadi membandel :

1. Faktor Hormon

Hormon menjadi penyebab terbesar munculnya jerawat pada wajah apalagi pada usia remaja. Jerawat pada umumnya mulai muncul pada usia 10 hingga mencapai 15 tahun yang kemudian akan mulai menghilang ketika menginjak usia 25 tahun, tetapi juga sebagian besar orang juga ada yang sampai usia 40 hingga 50 tahun dengan prosentase sekitar 7%.

Umumnya wanita memiliki resiko yang tinggi terkena jerawat pada 2-7 hari sebelum menstruasi, pasien memakai obat-obat jenis tertentu seperti steroid, kortison, estrogen, testosteron dan feniton serta pada wanita yang sedang hamil.

2. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut

Apa hubungannya jerawat diwajah dengan rambut? Ternyata rambut memiliki peran penting dalam menyebabkan timbulnya jerawat oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan rambut tersebut.

Seseorang yang kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang keramas misalnya, ketika kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih maka minyak tersebut akan mengalir ke wajah atau bisa juga mengalir melalui rambut.

Sehingga ketika minyak tersebut bercampur dengan debu, kotoran atau bakteri yang akhirnya dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah dan munculah jerawat. Itulah mengapa terkadang jerawat bisa sangat membandel dan sulit dihilangkan meski melakukan penanganan dengan benar.

3. Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Meminum minuman bersoda juga memiliki efek buruk pada tubuh manusia salah satunya bisa memicu timbulnya jerawat. Minuman bersoda dapat menciptakan inflamasi pada tubuh manusia, karena didalam soda terdapat aspartame salah satu zat yang dapat menimbulkan dan meningkatkan jerawat. Soda juga dapat menurunkan PH yang dapat menyebabkan jerawat yang cukup membandel dan sulit diatasi.

4. Adanya Friksi atau Tekanan pada Kulit

Jerawat juga bisa dipicu oleh tekanan pada kulit seperti helm, kerah baju, ponsel, dan berbagai macam benda lainnya yang tanpa kita sadari hal tersebut dapat menimbulkan jerawat. Selain dari tekanan pada kulit bakteri atau benda-benda yang menempel tadi jika tidak bersih merupakan pemicu utamanya.

5. Alergi Makanan dan Minuman

Penyebab jerawat yang lain adalah dari alergi terhadap makanan dan minuman tertentu seperti contohnya makanan laut, susu dan lain sebagainya. Makanan-makanan lain yang juga dapat memicu terjadinya jerawat adalah makanan yang memiliki jumalha Vitaman A yang tinggi, Vitamin E yang rendah serta terlalu banyak mengandung Karbohidrat.

Karena begitu pentingnya penampilan kita terlebih untuk kondisi kulit wajah yang harus tampak bersih dan bersinar maka kita pasti sering mencari di internet dengan beberapa kata kunci seperti :

  • cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami dan cepat
  • cara menghilangkan jerawat secara alami dalam 3 hari
  • cara menghilangkan jerawat dan bekasnya seketika
  • cara menghilangkan jerawat dalam semalam
  • cara cepat menghilangkan bekas jerawat dalam 1 minggu
  • cara menghilangkan jerawat secara alami dan permanen
  • cara menghilangkan jerawat kecil kecil secara alami

Setelah Anda tahu penyebab kenap anda terkena jerwat ? maka langkah pertama adalah menjauhi hal-hal yang membuat anda berjerat seperti menjaga kebersihan kulit dengan membasuh muka dengan air bersih setelah melakukan aktifitas yang berkeringat dan berdebu atau setelah mengendarai sepeda motor. selain itu ada beberapa  cara yang bisa anda coba untuk mengilangkan jerawat seperti berikut ini.

6 Tips Cara Ampuh Mengobati Jerawat

1. Madu

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang pertama adalah dengan madu. Bahan ini sudah sangat terkenal dengan segudang manfaatnya untuk membuat kulit lebih halus dan sehat. Kehebatan madu sendiri juga dapat membantu anda yang sedang berjuang untuk menghilangkan jerawat. Madu memiliki kandungan antibiotik dan gizi yang tinggi, sehingga dapat menjadi pencegah infeksi yang bisa membuat meradangnya jerawat.

Cara Pengguaan :

  • Cara memakai madu juga sangat gampang, hanya perlu dioleskan secara merata pada wajah yang berjerawat.
    Selain dengan menggunakan madu, bisa juga anda membuat masker dengan menggunakan campuran madu dengan putih telur.
  • Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan aduk-aduk.
  • Setelah itu oleskan campuran madu dan putih telur tersebut ke wajah yang berjerawat.

2. Es Batu

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya adalah dengan es batu. Selain digunakan untuk membuat minuman dingin, ternyata es batu juga dapat menghilangkan jerawat. Es batu bisa mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, tak hanya itu es batu juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada daerah di sekitar jerawat. Bagi anda yang memiliki minyak berlebih, juga dapat memberikan es batu pada kulit.

Cara Penggunaanya :

Cara menghilangkan jerawat dengan es batu cukup mudah,

  • Pertama siapkan es batu yang akan dioleskan di wajah lebih baik dibungkus dalam kain yang bersih.
  • Tempelkan es batu yang sudah dibungkus tersebut pada wajah yang berjerawat dan tempelkan selama beberapa menit.
  • Lakukan proses itu secara rutin hingga jerawat sembuh.

3. Tomat

Sayur yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi untuk digunakan dalam perawatan kulit. Selain dapat mengencangkan kulit, tomat juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Hal itu disebabkan tomat mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk kulit mauoun tubuh.

Cara Pengguaan :

  • Cara mengobati jerawat dengan tomat yang pertama adalah sediakan tomat yang matang yang berwarna kemerahan.
  • Potong tomat tersebut secara tipis-tipis dan tempelkan pada wajah yang berjerawat.
  • Biarkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Lakukan hal itu denga rutin agar jerawat bisa segera hilang.

4. Lemon

Cara keempat adalah menggunakan Lemon, Lemon mengandung Asam alpha dan askorbat-L yang bisa mengurangi peradangan pada kulit anda yang berjerawat serta dapat membantu membersihkan pori – pori wajah anda yang tersumbat. Selain itu Lemon sudah lama dikenal sebagai penghilang noda/bintik hitam pada wajah dan sebagai salah satu bahan untuk memutihkan wajah yang alami.

Cara penggunaannya :

  • Anda siapkan 1 buah lemon segar kemudian potong menjadi 2 bagian, yang masing – masing bagian lalu di peras.
  • Dari hasil perasan lemon anda oleskan pada wajah anda yang berjerawat setelah itu diamkan selama sekitar 110-15 menit
  • Kemudian basuh dengan air yang bersih dan segar dan keringkan menggunakan handuk.
  • Jika lemon cocok untuk wajah anda lakukan perawatan menggunakan lemon ini dengan rutin,
  • Selain itu lemon juga dapat membantu anda untuk menghilangkan komedo.

5. Lidah Buaya

Pada lidah buaya banyak mengandung zat besi, zat aktif dan vitamin A serta D yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah jerawat beserta bekasnya, selain itu lidah buaya juga dapat mengatasi rambut rontok.

Cara Penggunaanya :

  • Potong terlebih dahulu lidah buaya menjadi 2 atau 4 bagian kemudian hilangkan duri pada lidah buaya yang berada di samping kanan dan kiri.
  • Setelah itu kupaslah bagian lainnya untuk mengambil gel pada lidah buaya.
  • Hasil gel tadi di letakan di wadah kemudian lembutkan dan oleskanlah pada area kulit anda yang berjerawat.
  • Setelah itu diamkan 4 – 6 menit dan Bilas dengan air bersih.

6. Pasta Gigi

nakan untuk menggosok gigi ternyata dapat juga digunakan untuk mengobati jerawat, karena pada pasta gigi terdapat bahan menthol, triclosan, dan minyak esensial. Tidak hanya itu pada pasta gigi juga terkandung baking soda yang dapat mengobati jerawat dan menyembuhkan bekas luka jerawat. Namun untuk pemakian masker ini jangan berlebihan cukup 1 kali dalam sehari

Cara Penggunaanya :

  • Pertama anda harus membersihkan terlebih dahulu seluruh area wajah
  • Kemudian oleskanlah pasta gigi pada wajah yang berjerawat lalu diamkan selama sekitar 5 menit
  • Sama seperti cara – cara sebelumnya anda bilas hasil olesan pada wajah anda menggunakan air bersih.

Untuk sementara itu saja tips mengatasi masalah jerawat, pada kesempatan selanjutnya tips ini akan di sambung lagi dari berbagai sumber-sumber yang terpercaya. satu catatan Jika anda mengalami masalah jerawat yang sudah lama dan tidak kunjung sembuh, alangkah baiknya anda mengkonsultasikannya pada dokter.

Tags: #jerawat #kulit #sehat #tips

Related Search

Leave a reply "Tips Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat"

Author: 
    author